Kenali Ciri-ciri Gangguan Oromotor Pada Anak, Susah Makan Salah Satunya
Anak

Selasa, 13 Agu 2019 | 20:46:59 WIB - Oleh Administrator

Apakah si kecil hanya mau minum susu dan makan makanan yang bertekstur lembut saja? Dan juga si kecil mengalami keterlambatan bicara pada dirinya? Jika ya, bisa jadi si kecil mengalami gangguan oromotor (oral motor) Moms. Nah, agar Moms lebih aware dengan gangguan satu ini, yuk kenali lebih jauh mengenai oral motor disorder ini.

Ciri anak mengalami gangguan oromotor
Seorang anak yang mengalami gangguan pada oral motornya akan merasa kesulitan dalam mengontrol bibir, lidah, serta rahangnya. Hal itu menyebabkan ia mengalami kesulitan berbicara maupun mengolah makanan karena ia tidak bisa mengontrol sistem saraf di area oralnya. Pada umumnya, anak-anak mengalami dua gangguan oral motor sebagai berikut:

Kenali Ciri-ciri Gangguan Oromotor Pada Anak, Susah Makan Salah Satunya

source: http://orlandospeech.com/treatable-conditions/oral-motor-disorder-speech-therapy/

  • Developmental Apraxia of Speech (DAS). Anak yang mengalami gangguan ini bermasalah dalam menggerakkan serta koordinasi bagian-bagian yang berbeda dalam mulutnya untuk membentuk sebuah kata.
  • Articulation disorder. Gangguan artikulasi ini menyebabkan anak seringkali menghilangkan huruf konsonan saat berbicara atau menggantinya dengan huruf lain.


Selanjutnya gangguan pada oromotor si kecil dapat dilihat dari ciri-ciri berikut ini:

Belum bisa makan nasi diusia 1 tahun
Jika pada usia 9 bulan si kecil belum bisa makan nasi tim, lalu pada usia 1 tahun menolak diberi makan nasi dan lebih memilih makan makanan yang lembut atau diblender saja merupakan ciri pertama si kecil mengalami gangguan oromotor pada dirinya.

Kenali Ciri-ciri Gangguan Oromotor Pada Anak, Susah Makan Salah Satunya

source: http://site.tupperware.co.id/babyandkids/tips/TipsSupayaAnakMauMakanNasi

Tidak bisa mengunyah dan menelan makanan tertentu
Proses makan terjadi mulai dari memasukkan makan di mulut, mengunyah dan menelan. Keterampilan dan kemampuan koordinasi pergerakan motorik kasar di sekitar mulut sangat berperan dalam proses makan tersebut. Pergerakan motorik berupa koordinasi gerakan menggigit, mengunyah dan menelan dilakukan oleh otot di rahang atas dan bawah, bibir, lidah dan banyak otot lainnya di sekitar mulut. 

Gangguan proses makan di mulut atau disebut gangguan oral motor seringkali berupa gangguan mengunyah makanan. Hal inilah yang mengakibatkan anak hanya bisa minum susu atau makanan blender dan tidak bisa makan jenis lainnya.




Silahkan Login untuk Memberikan Komentar!